Erosport.id – JAKARTA – Perkembangan bidang gaming atau gim pada Indonesia begitu pesat. Hal ini bahkan mendapat dukungan dari pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.19 yang mana salah satu isinya terkait mempercepat perkembangan lapangan usaha gim nasional.
Di mana Pilar ke-7 Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 menekankan pentingnya peningkatan aktivasi juga apresiasi terhadap produsen gim nasional melalui penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, dan juga global. Berkaitan dengan itu, inisiasi bidang konten mengadakan acara Diskusi Bisnis Perekonomian Kreatif yang tersebut mempertemukan berbagai stakeholder bidang konten seperti komik, gim, film / animasi dari berbagai negara dengan kreator lokal di tempat Jakarta.
Kementerian Koordinator Area Kemaritiman juga Pengembangan Usaha (Kemenko Marves RI) mengungkap, peluang pangsa gim online dalam Tanah Air tak sebesar lingkungan ekonomi global. Untuk gim pada pangsa global saja, peluang cuannya terus meningkat hingga beratus-ratus miliar Dollar AS.
Pelaksana Tuga (Plt) Asisten Deputi Pengembangunan Perekonomian Kreatif pada Kemenko Marves RI Liz Zeny Merry mengatakan, pada tahun 2022 lalu, kemungkinan duit dari gim lingkungan ekonomi global mencapai 249,55 miliar Dollar AS. Pada tahun 2023 perputaran duitnya kembali naik menjadi 281,77 miliar Dollar AS.
“Itu berapa ribu triliun (rupiah), itu (pasar) global. Nah untuk yang tersebut mobile, gim-gim yang mana didominasi oleh jaringan mobile ini 136 miliar Dollar Negeri Paman Sam di dalam 2022, ini sekitar hampir setengahnya dari 250 miliar Dollar AS, duit 136 miliar ini berputar dalam mobile gim,” kata Liz ketika jumpa pers pengaktifan Festival World Cyber Games (WCG) 2024 di tempat Ibukota Pusat pada Selasa (4/6/2024).
Liz mengatakan, prospek duit dari perputaran gim di area Tanah Air pada tahun ini diprediksi semata-mata 2,5 miliar Dollar Amerika Serikat atau sekitar Simbol Rupiah 39 triliun. Angka ini tak sebanding dengan kedudukan Indonesia yang dimaksud berada dalam tiga besar sebagai pengunduh gim yang digunakan ada. “Kalau Indonesia sendiri seperti yang digunakan tadi saya bilang itu, 2,5 miliar Dollar Amerika Serikat dan juga Indonesia ini peringkat ketiga pengunduh terbesar di dalam dunia, ada 3 miliaran yang mana mengunduh gim,” ujar Liz.
Menurut dia, tingginya hitungan pengunduh gim dalam Indonesia sebetulnya membuktikan bahwa merek tertarik terhadap gim yang ada dalam perangkat mobile maupun konsol. Kemenko Marves kemudian memacu rakyat untuk menciptakan gim sendiri, sehingga sanggup bersaing dengan lingkungan ekonomi global.
“Potensi-potensi yang tersebut bernilai ekonomi untuk Indonesia sendiri, dapat kami switch untuk menggerakkan kreatif anak-anak muda untuk dapat menjadi pencipta dari gim sendiri,” katanya.
Dalam kesempatan itu, Liz mengungkap, ada tujuh tantangan yang dihadapi untuk mengembangkan ekosistem gim secara mandiri. Pertama pengembangan sumber daya manusia (SDM); kedua inisiasi akses pembiayaan; ketiga pemasaran lalu akses pasar. Keempat penyediaan infrastruktur teknologi yang tersebut memadai dan juga kompetitif; lalu kelima penyusunan regulasi untuk penguatan habitat gim nasional dan juga keenam penyelenggaraan sektor perangkat keras untuk gim nasional; kemudian ketujuh aktivasi gim nasional dalam kawasan regional kemudian global.
Atas dasar itulah, Liz memperkuat Indonesia menjadi market gim terbesar di area Asia Tenggara, sekaligus menjadi tuan rumah WCG 2024. Festival multigim terbesar di tempat dunia ini, telah terjadi ada sejak tahun 2001 lalu dengan melibatkan 111 negara, 76 gim kemudian 1,5 jt pemain dari seluruh dunia.